Sabtu, 26 April 2014

Globalisasi dan Budaya

Globalisasi adalah keterkaitan dan ketergantungan antara bangsa maupun manusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya, dan bentuk-bentuk interaksi lainnya, sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit. Hal ini membuat Bangsa Indonesia harus lebih berhati-hati dalam menerima masuknya segala pengaruh dari bangsa luar terhadap seluruh aspek kehidupan Bangsa Indonesia, terutama masyarakat dalam suatu bangsa harus bisa menyaring masuknya pengaruh negative dari bangsa luar, agar tidak dapat menghilangkan batas-batas yang ada pada suatu bangsa, salah satunya adalah budaya.
Terkait dengan kebudayaan, budaya adalah cara hidup yang berkembang diantara sekelompok orang, yang diwariskan dari generasi ke generasi. Menurut Edward Burnett Tylor, kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, karena di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang dimiliki seseorang sebagai anggota masyarakat.
Kesenian merupakan bagian dari sistem kebudayaan Bangsa Indonesia. Aspek kebudayaan merupakan salah satu kekuatan bangsa yang memiliki kekayaan nilai, termasuk pada keseniannya. Kesenian rakyat adalah salah satu bagian dari kebudayaan Bangsa Indonesia yang tidak luput dari pengaruh globalisasi.
       Globalisasi dalam kebudayaan dapat berkembang dengan cepat, hal ini tentunya dipengaruhi oleh adanya kemudahan dalam memperoleh akses komunikasi maupun berita, namun hal ini justru menjadi bumerang tersendiri dan menjadi suatu masalah yang penting dalam globalisasi, yaitu kenyataan bahwa perkembangan Ilmu Pengertahuan dikuasai oleh negara-negara maju, bukan negara-negara berkembang seperti Indonesia. Mereka yang memiliki dan mampu menggerakkan komunikasi internasional adalah justru negara-negara yang maju.
        Akibatnya negara-negara berkembang, seperti Indonesia selalu khawatir akan tertinggal dalam arus globalisai dalam berbagai bidang seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, termasuk kesenian. Wacana globalisasi sebagai sebuah proses ditandai dengan pesatnya perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, sehingga mampu mengubah dunia secara mendasar. 
    Komunikasi dan Transportasi Internasional telah menghilangkan batas-batas budaya setiap bangsa. Kebudayaan setiap bangsa cenderung mengarah kepada globalisasi dan menjadi peradaban dunia, sehingga melibatkan manusia secara menyeluruh. Dalam proses alami ini, setiap bangsa akan berusaha menyesuaikan budaya mereka dengan perkembangan baru, agar mereka dapat melanjutkan kehidupan dan menghindari kehancuran. Dalam proses ini, negara-negara harus memperkokoh dimensi budaya mereka dan memelihara struktur nilai-nilainya, supaya tidak dieliminasi oleh budaya asing.


Contoh di atas merupakan salah satu Tulisan Ilmiah Populer mengenai Globalisasi dan Budaya. Isi artikel tersebut sangat mudah dipahami oleh masyarakat umum, karena menggunakan bahasa sehari-hari bukan bahasa-bahasa ilmiah yang jarang diketahui oleh masyarakat umumnya. Oleh karena itu, pembaca dapat mengambil inti dari bacaan tersebut dengan mudah.



Sumber            :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar