Layanan
Telematika
Layanan
Telematika merupakan Layanan Dial Up ke Internet maupun ke semua jenis
jaringan, yang didasarkan pada Sistem Telekomunikasi untuk mengirimkan data.
Layanan Telematika di Bidang Informasi
Penggunaan
telematika dan aliran informasi harus selalu ditujukan untuk meningkatkan
kesejahteraan masyarakat, termasuk dalam pemberantasan kemiksinan dan
kesenjangan, serta untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Selain itu,
teknologi telematika juga harus diarahkan untuk menjembatani kesenjangan
politik dan budaya, serta meningkatkan keharmonisan di kalangan
masyarakat.
Wartel
dan Warnet memainkan peranan penting dalam masyarakat. Warung Telekomunikasi
dan Warung Internet ini secara berkelanjutan memperluas jangkauan pelayanan
telepon dan internet, baik di daerah kota maupun desa, bagi para pelanggan yang
tidak memiliki akses sendiri di tempat tinggal atau tempat kerja. Oleh
karena itu, sangatlah diperlukan untuk mendorong pertumbuhan jangkauan dan
kandungan informasi pelayanan publik, memperluas pelayanan kesehatan dan pendidikan,
mengembangkan sentra-sentra pelayanan masyarakat perkotaan dan pedesaan, serta
menyediakan layanan e-commerce bagi usaha kecil dan menengah. Dengan demikian
akan terbentuklah balai-balai informasi untuk melayani lokasi-lokasi yang tidak
terjangkau oleh masyarakat. Pada layanan ini telematika menggabungkan sistem
komunikasi dengan kendaraan bergerak seperti mobil untuk menawarkan layanan
informasi secara langsung.
Layanan
Telematika di Bidang Keamanan
Layanan
ini menyediakan fasilitas untuk memantau dan memberikan informasi, bila ada
sesuatu yang berjalan tidak seharusnya. Layanan ini dapat mengurangi tingkat
pencurian dan kejahatan.
Layanan
Context Aware dan Event-Based
Dalam Ilmu Komputer dinyatakan bahwa perangkat komputer memiliki kepekaan dan dapat
bereaksi terhadap lingkungan sekitarnya, berdasarkan informasi dan
aturan-aturan tertentu yang tersimpan di dalam perangkat. Gagasan inilah yang
diperkenalkan oleh Schilit pada tahun 1994 dengan istilah Context-Awareness.
Context-Awareness adalah kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai
konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan
penggunaan network, serta memberikan layanan yang sesuai dengan
parameter-parameter tersebut. Beberapa konteks yang dapat digunakan antara lain
: lokasi user, data dasar user, berbagai preferensi user, jenis, dan kemampuan
terminal yang digunakan oleh user.
Sebagai
contoh, ketika seorang user sedang mengadakan rapat, maka context-aware mobile
phone yang dimiliki user akan langsung menyimpulkan bahwa user sedang
mengadakan rapat dan akan menolak seluruh panggilan telepon yang tidak penting.
Layanan
Perbaikan Sumber
Layanan Perbaikan Sumber yang dimaksud adalah Layanan Perbaikan dalam Sumber Daya Manusia
(SDM). SDM telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang berhubungan
dengan telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola, pengembang,
pendidik, dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga
pendidikan, dan masyarakat pada umumnya.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar