Kamis, 04 April 2013

Pasar Persaingan Tidak Sempurna (Pasar Monopoli)


1.        PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA
I.     PASAR MONOPOLI
A.       Konsep Dasar
Pasar monopoli atau tepatnya pasar monopoli murni merupakan suatu keadaan pasar dimana hanya ada satu penjual dan produk yang diperdagangkan tidak ada pengganti (subtitusi) nya yang mirip. Dalam kaitan ini perusahaan dapat menaikkan harga dengan cara mengurangi kuantitas output yang dijual (ditawarkan) atau menurunkan harga dengan cara menambah kuantitas output yang ditawarkan.
B.       Faktor-faktor penyebab terbentuknya monopoli :
a)        Hambatan Teknis (Technical Barriers to Entry)
b)        Hambatan Legalitas (Legal Barriers to Entry)
C.       Permintaan dan Penerimaan Monopolis
Permintaan atau pembelian atas produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan disebut firm’s demand  (“permintaan perusahaan”). Atau dengan rumusan yang lain bahwa penjualan perusahaan atas produk yang dihasilkannya adalah firm’s demand. Dalam pasar monopoli perusahaan yang menentukan harga sehingga firm’s demand adalah juga permintaan pasar. Fungsi permintaan pada pasar monopoli merupakan fungsi permintaan kebalikan (inverse demand function). Dalam pasar monopoli biaya rata-rata (AR) sama dengan fungsi harga (AR=D=P), sedangkan MR (marginal revenue) lebih kecil dari D (kurva permintaan).

Buku : Dasar-dasar Teori Mikro Ekonomi . Dr.Moch,Rum Alim , SE , M.Si dan
            Teori Ekonomi Mikro . Prathama Rahardja & Mandala Manurung .
Bab : IX / Pasar Monopoli
Hal : 269-282 dan 183-204

Tidak ada komentar:

Posting Komentar