1.
PASAR
PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA
I. PASAR
MONOPOLI
A.
Konsep
Dasar
Pasar
monopoli atau tepatnya pasar monopoli murni merupakan suatu keadaan pasar
dimana hanya ada satu penjual dan produk yang diperdagangkan tidak ada pengganti
(subtitusi) nya
yang mirip. Dalam kaitan ini perusahaan dapat menaikkan harga dengan cara
mengurangi kuantitas output yang dijual (ditawarkan) atau menurunkan harga
dengan cara menambah kuantitas output yang ditawarkan.
B. Faktor-faktor
penyebab terbentuknya monopoli :
a)
Hambatan Teknis (Technical Barriers to Entry)
b)
Hambatan Legalitas (Legal Barriers to Entry)
C. Permintaan
dan Penerimaan Monopolis
Permintaan atau pembelian atas produk
yang dihasilkan oleh suatu perusahaan disebut firm’s demand (“permintaan
perusahaan”). Atau dengan rumusan yang lain bahwa penjualan perusahaan atas
produk yang dihasilkannya adalah firm’s
demand. Dalam pasar monopoli perusahaan yang menentukan harga sehingga firm’s demand adalah juga permintaan
pasar. Fungsi permintaan pada pasar monopoli merupakan fungsi permintaan
kebalikan (inverse demand function).
Dalam pasar monopoli biaya rata-rata (AR) sama dengan fungsi harga (AR=D=P),
sedangkan MR (marginal revenue) lebih
kecil dari D (kurva permintaan).
Buku : Dasar-dasar Teori Mikro Ekonomi . Dr.Moch,Rum Alim , SE , M.Si dan
Teori Ekonomi Mikro . Prathama Rahardja & Mandala Manurung .
Bab : IX / Pasar Monopoli
Hal : 269-282 dan 183-204
Tidak ada komentar:
Posting Komentar